Oleh: nandyagoesti | Juli 3, 2009

Swine Flu – Definisi dan Pencegahannya

Flu Babi, penyakit multi nasional yang saat ini sedang marak-maraknya diberitakan. Wabah ini ternyata kabarnya sudah mulai masuk ke Indonesia. Tepatnya di Bali. Namun sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Flu Babi a.k.a Swine Flu a.k.a H1N1 ini?

Dikutip dari wikipedia, Flu babi, dalam bahasa inggris biasa disebut Swine Influenza), adalah influenza yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang biasanya menyebar dengan cepat pada populasi babi. Mengapa babi dapat menjadi induk semang perkembangan virus tersebut dengan sangat baik ? Hal ini diesebabkan karena babi dapat menampung virus flu yang berasal dari manusia maupun burung sehingga memungkinkan virus tersebut bertukar gen dan menciptakan galur pandemik.

Flu babi biasanya menginfeksi orang-orang yang dalam sehari-harinya sering melakukan kontak langsung dengan babi. Walaupun ternyata skema penukarannya juga memungkinkan penularan dari manusia ke manusia. Gejala bagi manusia yang terinfeksi virus ini ada bermacam-macam. Antara lain demam, disorientasi, kekakuan pada sendi, muntah-muntah, dan kehilangan kesadaran yang berakhir pada kematian. Flu babi disebabkan oleh virus Influenza bertipe A dengan subtipe H1N1, H1N2, H3N1, H3N2 dan H2N3.

CARA AMPUH PENCEGAHAN FLU BABI


Saya pernah dikirimi email yang menyatakan bagaimana cara para pembaca dapat mengantisipasi merebaknya virus flu babi ini. Cara pencegahan yang dirasa paling ampuh adalah sebagai berikut :

1. Jangan berjabat tangan dengan babi yang sedang flu (selain akan tertular flu oleh babi, anda juga akan dianggap orang gila).

2. Jangan berciuman dengan babi yang sedang flu (apalagi yang ini, anda gak mau kan diliat orang sedang berciuman dengan babi).

3. Cucilah tangan setelah anda bergulat dengan babi di kandang babi.

4. Jangan suka mengucapkan kata babi ke pada orang lain (babi lu..).

5. Jangan tidur sebelah babi.

6. Jangan menerima babi sebagai teman Anda di facebook karena dia dapat mengharvest teman2 Anda di facebook.

7. Jikapun Anda memang memelihara babi, sediakan selalu sapu tangan/tissue untuk babi-babi Anda menutup hidung dan mulutnya bila bersin.

8. Hindarilah berenang di kolam renang babi, setidaknya untuk saat ini.

9. Jangan memforward berita ini ke babi-babi, dikhawatirkan mereka jadi tau sehingga mencari cara penularan lain.

10. Hindari memakai segala asesori babi (kaos gambar babi, anting2 babi, kalung babi, ikat pinggang sabuk babi, dll), babi-babi yang sedang flu itu mungkin akan mengira Anda adalah simpatisan babi, sehingga kemungkinan mereka akan menyerbu Anda untuk meminta perlindungan karena saat ini banyak yang memburu
mereka untuk membunuhnya.

11.Salah satu yang juga penting adalah agar para babi ngepet untuk segera menyadarkan diri dan kembali ke jalan yang benar sebelum mereka menciptakan varian baru virus tersebut; flu babi ngepet.

hahahaha…Semoga kita semua dilindungi dari penyakit ini ya..Amin..


Responses

  1. Cara pencegahan yang anda paparkan sangat sulit di mengerti dengan kalangan masyarakat umum ,,,,,,, mohon di perjelas , yang paling penting tepat, tegas serta jelas agar semua kita di sini dapat antisipasi dengan virus tsbt thanks,,,,,,,,,

    • it’s just a joke dude…

  2. Cra2x g’ msuk akal dech. . .
    Msa iya kaus gmbr babi g’blh dpke…

    • it’s just a joke dude..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: