Oleh: nandyagoesti | November 22, 2009

Microblogging vs. Macroblogging

Yeah, I know, dulu saya pernah bilang akan rajin meng-update blog ini dengan berbagai tulisan, tapi saya gagal.. T.T

Banyak faktor yang membuat saya jadi jarang nulis di blog ini lagi (pembelaan sih sebenernya). hehehe. Ya selain kesibukan sebagai mahasiswa tingkat 4, oiya saya belum cerita juga ya kalau saya udah masuk ke tahun terakhir di Elektro ITB, beberapa waktu belakangan ini saya sedang kecanduan blogging dengan gaya yang lain.

Apa itu? Microblogging!! ya saya sedang kecanduan untuk ber-microblogging ria. hehehe. Tapi apa microblogging itu sebenarnya?

Menurut Wikipedia, “Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut.”

Atau dengan bahasa lainnya, microblogging itu tempat untuk anda update2 status, tentang apa yang sedang anda kerjakan, tentang apa yang sedang anda pikirkan, ataupun tentang apa yang sedang anda rasakan. Dan bentuknya yang sederhana membuat microblogging mulai jadi pilihan utama untuk menulis saat ini (walaupun mungkin terkadang isinya hanya junk belaka).

Lalu apa nih kelebihannya? AFAIK, sebagai blogger dan microblogger, keunggulan dari microblogging adalah :

1. Sederhana, saya bisa menuangkan apa yang sedang saya pikirkan, lakukan, dan rasakan tanpa harus membuat itu sebagai sebuah cerita yang penuh deskripsi. Just write what’s in your head.

2. Informatif, beberapa situs microblogging kerap kali jadi sumber informasi yang dapat kita akses dengan cepat ketika terjadi suatu peristiwa. ex : Bom J.W.Marriot dan Ritz Carlton, ribuan (oke saya mungkin berlebihan), atau ratusan microblogger langsung menulis tentang hal tersebut dan menyebabkan munculnya social awareness yang menurut saya kurang dimiliki oleh orang-orang saat ini.

Itu mungkin dua kelebihan utama yang saya rasakan, dan sekarang pilihan ada pada anda, apakah anda tetap ingin bertahan dengan macroblogging atau mau mulai mencoba microblogging. Kalau saya sendiri sih akan berusaha tetap jalanin keduanya.

Dan kalau anda tertarik untuk ber-microblogging, banyak kok situs-situsnya. Nih beberapa situs yang bisa anda akses untuk memulainya :

1. Twitter

Twitter Logo

Twitter

2. Plurk

Plurk

3. Tumblr

Tumblr

itu beberapa situs mikroblog yang cukup ramai penggunanya, kalau saya sendiri sih prefer pake twitter (bukan iklan ya), karena memang lingkungan sekitar saya banyak yang menggunakan situs itu, jadi lebih nyambung aja nanti microblogging-nya.

Kalau suatu saat pembaca ingin mengunjungi situs microblogging saya, anda tinggal klik disini aja kok. hehehe.

See you in Microblogging!!!!


Responses

  1. Haha! Suka deh istilah macro-microblogging-nya!
    Originally Nandya kah?

    Anyway, sama banget dah, Ndya! Microblogging jauh lebih easy-to-maintain hehe

    • makasih ossa..:)
      gak juga sih, kalo microblogging emang udah pernah denger sebelumnya, kalo macroblogging mungkin originally saya..hehehe..

      ossa pake microblog apa aja?

  2. Twitter merupakan salah satu situs microblogging yang sedang sangat digemari oleh khalayak ramai. Bukan hanya anak muda saja yang menggiati situs ini tapi semua umur pasti suka atau paling tidak pernah menggunakan situs microblogging ini. Ragam profesi memanfaatkan twitter sebagai tempat yang bisa membantu usaha mereka, seperti para seniman yang mempromosikan karya mereka melalui twitter supaya diketahui oleh masyarakat, seperti para pelaku entertaiment/artist yang menggunakan twitter sebagai media beramah tamah dengan fans mereka, pengusaha yang menjual barang/jasa mereka, dan profesi-profesi lainnya yang amat sangat memanfaatkan twitter.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: