Oleh: nandyagoesti | Juni 22, 2009

Bing – Microsoft way to beat Google

Ada yang pernah dengar kata bing? Bing adalah search engine terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft. Bing merupakan cara baru dari Microsoft untuk merebut posisi Google sebagai search engine terpopuler di dunia saat ini. Apabila sebelumnya, Microsoft mencoba menandingi Google melalui search engine bertajuk Live Search. Kini Microsoft menelurkan produk terbarunya yang diberi nama Microsoft Bing. Nah, terhitung mulai tanggal 3 Juni kemarin, Microsoft pun resmi mengumumkan peluncuran website ini.

Lalu apa keunggulan Bing dibandingkan dengan Google? Yang pertama, tampilan Bing sangat menarik. Dilengkapi oleh berbagai wallpaper yang artistik di halaman muka dari website tersebut.

Tampilan Bing

Tampilan Bing

Di dalam suatu kesempatan, Microsoft pernah menyebut produknya yang satu ini sebagai “Decision Engine”. Kenapa Decision Engine ? Hal ini karena Bing memang diciptakan oleh Microsoft untuk membantu si user dalam mengambil suatu keputusan. Dilengkapi dengan teknologi dari Powerset, Bing menawarkan teknologi pencarian yang lebih akurat.

Selain itu, Bing juga dilengakapi dengan berbagai fitur tambahan seperti misalnya :
1. Best Match : Fitur ini akan memunculkan hasil pencarian yang paling relevan dengan keyword dan juga akan menampilkan tautan yang dinilai paling relevan di puncak daftar.
2. Instant Answer : Hanya dengan sekali menekan, informasi yang ada pada hasil pencarian dapat langsung diakses oleh pengguna.
3. Bing Maps : Virtual Earth yang merupakan mapping platform kepunyaan Microsoft

Kehadiran Bing diprediksi akan mengganggu stabilitas Google sebagai search engine nomor wahid di dunia saat ini. Hal ini sudah terbukti dalam kurun waktu yang bisa dibilang relatif singkat. Menurut perusahaan measurement di bidang digital yang cukup terkemuka, ComScore, dalam minggu pertama dirilisnya situs ini, Bing telah berhasil mengalahkan Yahoo yang notabene merupakan situs search engine kedua di dunia setelah Google. Data untuk situs pencarian di Amerika Serikat itu menunjukkan Bing mampu menggeser Yahoo yang biasanya ‘membuntuti Google dari jauh’. Yahoo kini memiliki pangsa 10,22% saja.

Pada minggu kedua hadirnya Bing, persentase kunjungan pengguna di Amerika Serikat ke search engine ini telah mencapai 16.7% dari tanggal 8-12 Juni, yang nilai tersebut telah naik 3% dari tanggal 25-29 Mei (merupakan fase perkenalan Bing) dan naik 1% pada minggu pertama dirilisnya search engine ini secara resmi.

Pencarian dengan menggunakan Bing juga meningkat hingga 12.1% dalam periode tanggal 8-12 Juni, meningkat 3% dari perkenalan awal pada tanggal 25-29 Mei, dan naik 1% dari tanggal 2-6 Juni 2009.

Well, dengan start yang bisa dibilang gemilang ini, apakah dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan tren penggunaan search engine akan berubah dari Google yang begitu mendominasi ke Bing? Memang sangat menarik melihat persaingan dua developer besar ini. Yah, saya sih sebagai pengguna cukup senang dengan kehadiran kompetitor Google ini. Karena persaingan ini tentu saja akan membuat bermunculan berbagai terobosan baru dalam dunia search engine sehingga sebagai pengguna pun saya merasa akan lebih dimanjakan lagi. hahaha. Marilah kita saksikan bersama-sama pertandingan Google vs. Microsoft ini. Whoever win, we will win too!😀


Responses

  1. hue.. Nandya! Numpang ngomen

    keren sih Bing ini, terutama, pas nguji search-images-nya

    tapi diliat2…
    – interfacenya bagus n gampang dipake, tapi buat yg pertama nyoba, pasti bakal kaget (apalagi buat yg biasa make google). Buat yg biasa pake MSN Live, mungkin desainnya rada2 mirip, jadi ga akan terlalu masalah kali ye…
    – pernah nyoba chrome (ato browser apa aja sih) rus install google picasa. Coba search images, jadinya keren de!
    – ngomongin soal2 keren2an images-search-engine, sejak gabung sama flickr, fitus yang ditawarkan yahoo juga ok. Apalagi dengan tawaran news-feed yang lingkupnya luas (tapi terspesialisir)

    walah, kok jadi ngomongin hal2 gak jelas gini si
    eniwei, tulisan blognya bagus! Sering2 mampir ah~

    • hahahaha..thanks ya ossa udah mampir di blog lemah ini..wkwkwkk..

      thanks juga infonya..
      google picasa? baru denger ossa..hehehe..dicoba dulu deh..cuma bisa di chrome aja ato di semua browser pasti bisa?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: