Oleh: nandyagoesti | September 28, 2008

GP Singapore : Night Race!!

Sebuah terobosan baru kembali hadir di balapan paling prestisius di dunia, Formula 1. Dalam season kali ini ada sebuah race yang mengambil waktu balapan di malam hari dengan sirkuit yang berada di tengah-tengah kota. Ada beberapa milestones menarik dari race kali ini, yang pertama tentu saja ini adalah street race pertama di Asia dan yang paling istimewa adalah race yang untuk pertama kalinya dilangsungkan di malam hari. Dengan trek balapan sepanjang 5.067 meter alias 5,067 km, race kali ini direncanakan akan mengambil lap sebanyak 61 putaran.

Pemerintah Singapura pun nampak tidak main-main dalam mempersiapkan balapan kali ini. Balapan kali ini memang dirancang sebagai salah satu bagian dari program Visit Singapore. Sebanyak 3000 volunteer dipersiapkan untuk turut menyukseskan berlangsungnya balapan kali ini. Cukup ironis apabila melihat negara dengan luas tidak lebih dari luas Jawa Barat mampu menyelenggarakan balapan yang mampu menyita perhatian seluruh dunia.

Terlepas dari itu semua, ada baiknya kita mulai membicarakan tentang jalannya balapan unik itu sendiri. Dalam sesi latihan, mantan juara dunia Fernando Alonso mencatatkan hasil yang amat gemilang. Dalam sesi free practice tersebut, pembalap asal Spanyol tersebut mampu menjadi yang tercepat mengungguli Lewis Hamilton dan Felipe Massa. Pembalap asal Spanyol tersebut tampil hampir tanpa kesalahan sepanjang balapan dan berhasil menempuh 1 lap dengan catatan waktu terbaik yaitu 1 menit 44,506 detik.

Namun kejutan terjadi di sesi kualifikasi, Felipe Massa berhasil membawa goyangan samba berkumandang di sesi ini. Pembalap asal Brazil tersebut berhasil menjadi pole position dengan catatan waktu yang cukup gemilang, 1 menit 44,801 detik. Hanya berselisih 0,6 detik di depan Lewis Hamilton dan 0,8 detik di depan rekan setimnya di Ferrari, Kimi Raikkonen. Sedangkan Fernando Alonso yang menebar ancaman di sesi latihan ternyata hanya dapat menduduki posisi start ke-15 di belakang Mark Webber dan David Coulthard.

Dan akhirnya beberapa jam yang lalu pun balapan dimulai. Balapan berjalan dengan tensi yang cukup tinggi ditandai dengan keluarnya safety car sebanyak dua kali. Dan memang balapan kali ini bisa disebut sebagai balapannya Alonso. Walaupun tertatih-tatih di babak kualifikasi, mantan juara dunia dua kali ini berhasil menjadi yang tercepat dalam balapan malam ini.

Sementara nasib buruk malah menaungi tim juara dunia tahun kemarin, Ferrari. Kedua pembalapnya gagal mencapai garis finis pada balapan kali ini. Felipe Massa sang Pole Position gagal finis dan nyaris saja melanjutkan balapan dengan membawa selang bahan bakar. Sementara juara dunia tahun kemarin, Kimi Raikkonen “The Iceman” gagal finis karena menabrak pagar pembatas di lap ke-57.

Dengan hasil ini, klasemen sementara konstruktor dipuncaki oleh tim Mclaren Mercedes yang berselisih satu poin dengan Ferrari. Sementara untuk klasemen pembalap, Lewis Hamilton makin mengukuhkan posisinya di peringkat satu dengan finis di posisi ketiga dan kini berselisih 13 poin dengan kompetitor terdekatnya Felipe Massa dengan raihan poin 74. Dengan sesi race yang masih tersisa tiga lagi kita lihat bersama apakah akan muncul juara dunia baru ataukah akan kembali hadir sebuah kejutan seperti tahun kemarin.


Responses

  1. nan, kalo terobosan baru F1 GP di malam hari udah pernah dicoba sama MotoGP Night Race waktu itu di qatar tahun ini juga tepatnya 29 Februari 2008.
    Keren kalo malam hari, tapi coba deh.. kan kita anak elektro..khususnya gw yang arus kuat…berapa yak daya listrik yang dipakai untuk sekali balapan???
    wah…pastinya bisa dipake buat nerangin bandung tuh…minimal proyek SLI Tamansari silau deh…haha…haha..πŸ˜€

  2. @yudha…

    hahaha…setuju yud…
    daya listrik segitu gedenya = ratusan liter (lebih mungkin) minyak bumi yang terbuang…
    demi sebuah prestise semu…
    ya itulah kalo berbagai hal di dunia ini udah terpengaruh ama kaum2 kapitalis….

  3. menjawab pertanyaannya yudha. total energi yang dipergunakan untuk penerangan selama GP singapura itu mencapai 3 juta watt (untuk lampu doang loh)

    menjawab pertanyaannya nandya. why don’t we become the capitalist then??

  4. @ gandhi

    beuh mantep ya 3 juta watt…
    buat listrik rumah seru kali ya..hahaha..

    sebenarnya gw gak bilang kalo kapitalis itu jelek,,cuma sesuatu jika berlebih pasti selalu menghasilkan ekses negatif. bangsa kita juga sebenarnya kapitalis, untuk beberapa hal. ketika kita memutuskan untuk berdagang dan mencari untung kan secara langsung kita udah menjalankan suatu kekapitalisan…
    CMIIW..

  5. 1 lampunya makan daya 1500 watt, trus ada sekitar 1500 projector lamps yang dipasang, ya emang sangat besar sekali tenaga yang dibutuhkan

    …..gw setuju kalo Bernie Ecclestone itu maksain supaya ada GP di malam hari demi kepentingan bisnis semata(which is nyocokin primetime buat penonton belahan dunia barat ama sponsor), bukan for somewhat “the Spirit of MotorSport” thingy….ini yang rada mengganjal

    yang gw kagum tuh singapur daya sekian juta watt disedot buat f1 selama 2 jam (belum ditambahin ama sesi free practice dan kualifikasi) ternyata mereka kuat loh ya??

    one thing to learn for, 60% total biaya penyelenggaraan disokong ama pemerintahannya mereka!! seems unfair jika ngebandingin ama kita, tapi setidaknya passionnya itu yang setidaknya harus diikuti ama pemerintahan kita!!! (masa gelora bung karno jadi stadion kandang klub? come on)

  6. @gandhi

    nah yang ini gw setuju..
    kaya di tulisan gw diatas :
    “…Pemerintah Singapura pun nampak tidak main-main dalam mempersiapkan balapan kali ini..”
    dan ternyata kalo gw dnger dari lw udah bukan nampak lagi, emang serius bgt tuh pemerintah singapura.

    dan passion yang harus diikutin dari singapura itu passion :
    1.majuin olahraga
    2.promosiin negara ke dunia luar

    tapi ya tadi gan, IMHO kita emang sekarang blom bisa berharap ngadain night race juga, kalo mau ya adain di taman sari. hahahaha. tapi bisa dimulai dari yang kecil2…kaya kata lw tadi.πŸ˜€

  7. sebenarnya

    andaikan FERRARI TIDAK KALAH di GP ini

    pasti rasa kekesalan itu berkurang hahahaha

    fukk Mclaren!!

  8. jangan lupa

    promosiin tuh blog “sakti” buatan lo yang lain

    “suara-suara yang suci??”” hahahaha

  9. haha..udah ky chatting aj nih gan…
    sabar ye…

    dulu juga kimi menangnya di race terakhir…

  10. udah ah

    mana tulisan lo yang lain gw kasi “comment-comment” yang berguna emh emh emh

  11. nan, gan, infonya bagus tapi malah kaya YM-an haahaha… mending lo tulis aja gan pendapat lo tentang listrik di GP singapur di blog…hehe… daripada kaya chatting…. hehe..πŸ˜€


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: