Oleh: nandyagoesti | September 26, 2008

Procrastination

Sebenarnya awal mula munculnya tulisan ini diawali dengan rasa stress dan penyesalan saya karena terlalu sering menunda-nunda pekerjaan yang sebenarnya mudah hingga pekerjaan-pekerjaan tersebut menumpuk menjadi sebuah gunung tanggung jawab yang beratnya bisa berkali-kali lipat dari beban apabila saya mengerjakan tugas / pekerjaan di awal-awal waktu.

hahaha. Sekarang pertanyaannya apakah para pembaca juga pernah mengalaminya? Jika iya mari kita telaah mengapa kebiasaan ini cenderung dilakukan oleh orang-orang indonesia pada umumnya. Bahkan mungkin kebiasaan ini terkesan sebagai salah satu prototype warga Indonesia. What a shame!

Menunda pekerjaan, atau yang dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan procrastination, ternyata merupakan sebuah habit yang hampir selalu dilakukan oleh semua orang. Menurut situs http://www.mail-archive.com/jamaah@arroyyan.com/msg03703.html, ada berbagai sebab mengapa orang-orang cenderung suka menunda-nunda suatu pekerjaan.

1. Kesalahan persepsi tentang hidup

Sebagai manusia, kita tidak hanya menciptakan kata-kata. Tapi kata-kata cenderung dapat mempersepsi kita. Kata “bekerja” cenderung punya konotasi negatif sehingga kita seringkali tidak melihatnya sebagai suatu berkah tetapi sebagai suatu beban yang berat. Sehingga bekerja menjadi tidak menyenangkan dan kita menjadi malas.

2. Merasa kewalahan akan kuantitas pekerjaan yang harus dilakukan

Terkadang kita cenderung merasa kewalahan ketika dihadapkan pada suatu pekerjaan yang berat sehingga kita merasa segan untuk memulainya. Tapi kita lupa bahwa perjalanan 1000 km selalu dimulai dari satu langkah.

3. Takut gagal

Perasaan ini cenderung muncul pada orang yang memiliki sifat perfeksionis. Orang yang memiliki sifat ini cenderung takut melakukan kesalahan dan takut gagal dalam memulai mengerjakan sesuatu sehingga ia cenderung untuk menundanya. Jangan biarkan ketakutan menghentikan anda. David J. Schwartz mengatakan :

“Untuk menghadapi ketakutan, bertindaklah. Untuk semakin takut – tunggulah, berhentilah, tundalah.”

4. Sifat alamiah manusia

Secara alamiah, kita sebagai menusia ingin menghindari sakit dan meraih kesenangan. Jika anda melihat bekerja sebagai menyakitkan dan menonton TV sebagai kesenangan, maka kita akan cenderung menunda kerja dan memilih menonton TV.

I Nyoman Widia di dalam blognya, http://inwdahsyat.wordpress.com/2008/08/31/kebiasaan-menunda-pekerjaan-dan-cara-mengatasinya/, memberikan cara yang cukup ampuh untuk membuat kebiasaan menunda pekerjaan tidak lagi kita lakukan.

1. Buatlah keputusan untuk segera memulai tugas penting Anda setiap hari. Anda harus memutuskan untuk memulainya. Kalau tidak, berarti Anda akan menundanya lagi.

2. Jangan biarkan adanya pengecualian sampai kebiasaan ini benar-benar melekat dengan kuat. Jangan membuat alasan atau merasionalkannya. Jangan biarkan diri Anda lepas dari ikatan.

3. Ceritakan pada orang lain bahwa Anda tidak akan menunda pekerjaan lagi. Adalah mengagumkan melihat Anda menjadi disiplin dan tekun ketika Anda tahu bahwa orang lain meperhatikan Anda untuk melihat apakah Anda memiliki keauan kuat untuk berubah.

4. Visualisasikan dan bayangkan diri Anda sendiri segera memulai tugas dan pekerjaan dan tidak berhenti sampai pekerjaan tersebut benar-benar selesai.

5. Buatlah afirmasi secara berulang beberapa kali, “saya mulai dan mengerjakan tugas penting saya sesegera mungkin.”

6. Disiplinkan diri Anda untuk tetap melakukannya setiap hari sampai hal itu menjadi otomatis bagi Anda untuk segera memulai tugas terpenting Anda.

7. Berikan hadiah dan penghargaan kepada diri Anda sendiri setiap kali Anda berhasil mengatasi penundaan dan menyelesaikan pekerjaan penting Anda.

Setiap suatu permasalahan pasti ada pemecahannya. Dan sebagai seorang mahasiswa, ITB pula! hahaha. Sudah saatnya kita benar-benar menjadi Agent of Change bagi bangsa kita. Minimal untuk hal yang kecil seperti ini.


Responses

  1. beberapa sifat mendasar manusia yg harus diminimalisi:

    terburu-buru, suka nunda, ga sabar, ceroboh, cepet emosi, dll,,

    jadi y, gitu de…

  2. @bintang…

    ada yang bilang kalo sifat dasar manusia gak bisa diubah…dan ada juga yang gak setuju dengan statement itu…

    tapi gw sih secara pribadi yakin sih..keyakinan kalo sifat dasar yang buruk tadi itu gak bisa diubahlah yang buat bangsa kita gak maju2…

    kita gak kalah pinter kok ma bangsa lain…cuma kita kalah di satu hal,,attitude…

    CMIIW
    thx 4 the response…😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: